Friday, September 11, 2009

How to part I

11 september
hari dimana dua gedung kembar itu ditubruk ama kapal yang terbang
..
hari ini di jakarta
seorang bocah baru pulang dari bank
sambil ngemut puding yoghurt buatan kombinasi dari ayahanda(yoghurt maker) dan ibu saya (koki handal)

iyak gua baru aja buat tabungan taplus tabungan plus2
di bank bni
tempat dimana gua bakal kerja buat ngerjain skripsi :D

lagi isi2 regis. si mas agus nanya
mas. ini sape? bapake?
iya papa.
ok! - sambil nulis di kertas regis Ronny Kusuma (papah)
JEGER
yakali papah. biasa juga ayah ato bapak.heuahaeuhuae

untuk ga disuru nulis sekeluarga..jadi papah mamah kakah dan hugoh
aheuheuahu


oke, sesuai saran sahabat saya
maka ...kali ini saya ingin memberikan sedikit pengetahuan saya dalam per-analogan
sam op yu mungkin dah tau ya


orite.. lets see some of my photographs.
no editing process, its a real effect from the exposed roll.

this is what we called REDSCALE potogrepi















mau cuba?
okelahkalobegeto
...



pertama siapkan alat dan bahan :
1. canister bekas( yg ada buntutnya)
gunanya buat sambungin ke roll yang akan di redscale
2.canister baru(rol film color)
3. gunting
4. ese elo etip ato selotip
5. selimut kesayangan kamuh
6. udah

setep setep pembuatan :

pertama, coba pergi ke fuji-fuji deket rumah kamu, trus tanya.
mas mas(ini harus ya, sekalipun yg jaga mba2.) ... minta rol negatifnya atu dong.
beli trus bayar. kembaliannya taro kantong

trus tanya lagi
mas mas. usahain sambil mesem2.
ada canister kosong yg masih ada buntutnya gak?
kalo ada sukur. kalo ga ada tar cari di toko lain yah..jgn sedih ;)
---

nah kalo udah kamu pulang yah
tunggu . liat jam sampe jam 9 malem
kamu masuk ke kamar kamu. nyalain AC, sama lagu dikit

siapin dah 2 rol tadi yg atu kosong yg atu isi yah



nah roll yg baru kamu buka
trus kan ujungnya kaya ada yg mengecil
itu kamu potong ampe rata yah

kalo udah...
kamu ratain canister kosong yg ada buntut ama canister baru
inget yg ada kepalanya .. dua2nya diatas

kalo udah sama pas lobangnya..
selotip deh keduanya
biar nempel banget


nah temen2
kalo da nempel dengan romantis
tinggal kamu tarik ke arah canister yg kosong.
puter aja kepala canisternya ke arah masuk yahh..

(untuk proses ini harus kamu lakukan di dalem selimut untuk mencegah terjadinya kebakaran di rumah kamu, yang bener? tentu tidak)

selimut biar ga kebakar filmnya .hehe

nah kamu puter terus dalam selimut sampe rasanya mentok
ugh ugh mentok nih
nah itu brati udah..ok

kalo udah
kalo udah mulu
kalo belum gimana?
kalop belum saya tunggu.

nah udah..tinggal dikluarin dari selimut kamu
trus dipotong deh
jgn lupa disisa in biar kamu gampang tariknya yah...







nah temen2..film redscalenya dah jadi nih..
tinggal dipake mumpung masi anget yahhh
slamat berbukaaa


Rekomendasi saya

- Film yang bagus buat redscale contohnya fuji proplus II, lucky color dan konica vx100
- Baiknya digunakan disaat matahari terik, dan foto-foto lansekap
foto2 flora juga oke..


SIP!
itu mungkin yang bisa saya berikan
mungkin ada yang mau ditanyain lagi
tinggal email aja ke enatnetnot@yahoo.com ok ;P



next tutorial??
mungkin mau tanya apa gitu? lsg aja minta di cbox. siapa tau saya bisa buatin tutornya.

have fun!
JP


image courtesy of mastoycam (mai pren)

22 comments:

Sisil Rilia said...

eh tante gue ada yg kerja di bank bni juga loh kak. lo bni cabang mana? tante gue yg di bekasi huehehe

Sisil Rilia said...
This comment has been removed by the author.
Uli Soler said...

kak enad 11 september pas ulangtahun gue loh hahaha :D

jellypilotot said...

@sisil : gua ntar di bni yg di landmark
ehhehehe

@ uli :
wiiii selamat!

Cassey said...

Akan segera dicoba! Thanks!

jellypilotot said...

siiiip :D
cheers!

Ayuthia Alsya said...

cul nih coba ah hahahaha :D

inda said...

alat dan bahannya ga punya koh. tapi itu yang pohon pete bagus nad

jellypilotot said...

ditungguhasilnyathiaa:D

@inda
hahahha,yoipohonpete!

catur_gundut said...

nad koq bisa jadi redsclae yah... padahal kan cuma pindah tempat(canister) kan..??? trus yang di double cuma ujungnya..??? mang pengaruh yah klo pindah tempat..??

DUNIA POLAR said...

boleh ikutan nyoba nggak? :D

Cipta Adhi Prakasa said...
This comment has been removed by the author.
bintang said...

waaahhh keren !

pengen nyoba maen analog juga nih, tapi di depok ga ada tempat nyuci potonya. :(

tau tempat nyuci potonya ga ?
daerah depok ampe jaksel gitu ?

makasi nad. hahahah :D

jellypilotot said...

@catur
kan pindah tempat
liat dong lapisannya jadi beda kan
jadi sebaliknya yg diexpose
hehehe

@dunia polar: ya boleh aja
ehheheh

@bintang:
gua sih biasa di kebayoran
ehhehehe
temen gua yg di depok juga mampirnya ke kebayoran situ

*hyde marge* said...

huu, disini gak ada toko fuji begituan... gue harus mengkais2 nyari canister kosong. hix.

joe

ps: 2 hari sebelum 911 (9-9-09), banyak free stuff give-away disini. org2 langsung pd beli macem2.

jellypilotot said...

wow asik bgt
freeeee stuff!
so what u got?
ehhehee

ntar kalo pulang indo
beli aja disini
ehhehe

Gogo Caroselle said...

jelly ini si keren pisan....
hebat kamu euy....
nih jempol dua, buat kamu...

jellypilotot said...

terimacio gogo :D

Satisfied said...

ahhhh thank uuuu so muchh!! will try very sooooonnn

Nisa Puspasari said...

ga ngerti.... muup agak lemot. hahaha. nanti kl udh di jakarta gue tanya lewat msn ya hehehehe

jellypilotot said...

satisfied : sama2...slamat mencobaaaa

@nisa: siap bu bos
hahaha

bintang said...

kebayoran dimananya ? =,=a